Jumat, 14 Agustus 2015

TUJUAN HIDUP DI DUNIA

Suatu ajakan kepada setiap orang Islam yang selalu disampaikan pada setiap hari Jum'at sebelum mengerjakan shalat Jum'at. adalah selalu mengajak bertaqwa kepada Allah SWT. Yaitu kita selalu mengerjakan perintah Allah SWT dan selalu menjauhi segala larangan Allah SWT.

Allah mencipkan manusia di dunia ini adalah untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Beribadah maksudnya adalah menyembah kepada Allah SWT dengan mengerjakan shalat dan segala aktifitas yang kita kerjakan di dunia ini diniatkan karena Allah SWT jangan kepada lainnya selain Allah SWT.

Firman Allah dalam Al Qur an surat Adz Dzaariyaat ayat 56-58 :

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi Aku makan. Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh".

Firman Allah dalam Al Qur an surat Ar Ra'd ayat 16 :

"Katakanlah : "Siapakah Tuhan langit dan bumi?" Jawabnya : "Allah." Katakanlah : "Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allah, padahal mereka tidak menguasai kemanfatan dan tidak (pula) kemudaratan bagi mereka sendiri?"  

Kita beribadah kepada Allah SWT harus ikhlas. Kalau ibadah kita tidak ikhlas, ibadah kita tidak diterima Allah SWT. Yang dimaksud ikhlas adalah tanpa pamrih tidak mengharap pujian dan sanjungan dari orang lain.

Segala aktifitas kita tergantung dari niatnya  Diniatkan untuk urusan dunia atau karena Allah SWT. Dan hendaknya segala aktifitas kita diniatkan karena Allah SWT supaya diterima.

Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Khattab R,A, ia berkata : "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda :   

"Segala amal itu tergantung niatnya dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai dengan niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu karena kesenangan dunia atau karena seoranga wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujuinya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar