Jumat, 10 Juli 2015

SHALAT JUM'AT PADA TANGGGAL 23 RAMADHAN 1436 H

Suatu harapan untuk kita semua para jemaah shalat Jum'at di masjid Agung Sampang, adalah selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Marilah kita selalu meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala yang dilarang oleh Allah SWT. 

Dalam melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan ini, adalah kita melaksanakan salah satu rukun Islam dan wajib dilaksanakan oleh orang-orang yang beriman untuk mencapai derajat taqwa kepada Allah.

Firman  Allah SWT dalam Al Qur an surat Al Baqarah ayat 183 :

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa". 

Dengan memperhatikan firman Allah tersebut, maka tujuan kita berpuasa adalah untuk mencapai derajat taqwa kepada Allah SWT.

Kita berpuasa pada bulan Ramadhan, juga perbanyaklah amalan sunnah, baik siang hari maupun pada malam hari. Kita laksanakan amalan-amalan wajib dan sunnah itu dalam bulan Ramadhan, dilaksanakan dengan ikhlas karena Allah SWT., sehingga dengan demikian, kita insya Allah akan mendapat derajat taqwallah. Serta orang yang malaksanakan ibadah puasa karena iman dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dosa di masa lalu.

Sabda Nabi Muhammad SAW  :

"Barangsiapa yang berpuasa dalam bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni" (HR. Bukhori dan Muslim)

Kita melaksanakan puasa sudah 22 hari, dan akan 23 hari. Kemudian kita melakukan muhasabah. Apakah puasa yang kita laksanakan selama 22 hari itu sudah sesuai dengan standar ketentuan yang disyariatkan oleh Allah SWT. Dan yang sekarang, apakah sudah sesuai dengan ketentuan Allah ? Apa masih belum sesuai dengan standar ketentuan yang disyariatkan oleh Allah SWT.? Dengan muhasabah berarti kita mengadakan instrospeksi diri terhadap segala yang kita laksanakan sebelumnya. Hal ini kita lakukan supaya kita lebih serius lagi dalam melaksanakan segala amalan ibadah kepada Allah SWT dan untuk mencapai derajat taqwa kita kepada Allah SWT.
Dengan takwallah supaya kita menjadi orang yang bersih lahir bathin dan menjadi manusia yang mulia disisi Allah SWT.

Firman Allah SWT dalam Al Qur an surat Al Hujurat ayat 13 :

"Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian disisi Allah adalah yang paling bertaqwa di antara kalian".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar