Jumat, 31 Juli 2015

SHALAT JUM'AT TANGGAL 14 SYAWAL 1436 H.

Setiap orang Islam laki-laki diwajibkan mengerjakan shalat Jum'at, sedangkan untuk orang Islam perempuan tidak wajib mengerjakan shalat Jum'at, namun bila dia mengerjakan maka kewajiban shalat dhuhurnya telah gugur (tidak perlu shalat dhuhur lagi ).

Firman Allah dalam A Qur an surat Al Jumuah ayat 9 :
"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian lebih baik bagimu jika kamu mengetahui".

Nabi Muhammad SAW, bersabda :
"Shalat Jum'at itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanalan secara berjemaah, kecuali empat  golongan, yaitu budak, wanita, anak kecil, dan orang yang sedang sakit". (HR. Abu Daud dan Al Hakim, hadits sahih ).    

Kemudian ada lagi sabda Nabi Muhammad SAW :
"Barangsiapa meninggalkan tiga kali shalat Jum'at karena menganggap enteng (malas) tanpa ada alasan yang dapat diterima, niscaya Allah SWT akan menutup hatinya" (HR. Abu Ja'ad Adh Dhumasry RA.) 

Para jemaah yang mengahadiri shalat Jum'at di Masjid Agung Sampang dengan penuh hikmat mendengarkan dan menyimak isi khutbah shalat Jum'at.
Inti dari isi khutbah Jum'at tersebut adalah sebagai berikut :
  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT
  • Menjaga diri dan keluarganya dari siksa api neraka, yaitu senantiasa melaksanakan segala perintah Allah SWT. dan senantiasa menjauhi segala larangan Allah SWT.
          Firman Allah dalam Al Qur an surat At Tahrim ayat 6
        "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang 
         bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang 
         keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka 
         dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan".  
  • Mendidik dan membimbing anak-anak dan cucu kita dengan akhlak yang mulia. Selalu beribadah kepada Allah SWT dengan ikhlas hati dan selalu berbakti kepada kedua orangtuanya.
  • Anak-anak dan cucu kita lahir dalam keadaan fitrah, suci tanpa dosa. Kewajiban kedua orangtuanya untuk mendidik dan membimbing ke arah yang baik, yang diridhoi Allah SWT.
  • Kewajiban kedua orangtuanya untuk selalu mengawasi putra dan putrinya dari pergaulan yang tidak baik, karena lingkungan sekitar sangat besar pengaruhnya bagi kepribadiannya. 
  • Anak-anak kita merupakan aset bagi orangtua, karena dengan anak shaleh dan shaleha, dapat mengamalkan segala perintah Allah, sehingga orangtuanya dapat pahala juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar